BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Selasa, 02 April 2013

Mungkinkah Tenaga Manusia Digantikan Oleh Komputer Cerdas ?



Perkembangan era komputerisasi seperti saat ini sangatlah pesat, ini digamabrkan dari banyaknya aktivitas masyarakat yang menggunakan media Komputer dalam membantu  melakukan pekerjaannya sehari-hari. Hal lain yang menjadikan era komputerisasi berkembang pesat di tengah masyarakat adalah pembuatan system komputer  yang memiliki kecerdasan hampir mirip atau mendekati kecerdasan manusia sehingga dapat membantu pekerjaan manusia. Dengan hal ini apakah mungkin pekerjaan manusia dapat di komputerisasikan?

Salah satu contoh pekerjaan manusia yang digantikan manusia dapat kita lihat jika kita menggunakan atau masuk ke jalan bebas hambatan atau jalan tol. Ini dapat terasa ketika kita mengambil tiket di gerbang masuk tol, kita tidak akan melihat lagi petugas tol memberikan kartu tolnya,melainkan psisinya di gantikan oleh sebuah mesin atau Komputer yang sebelumnya telah di set untuk mengeluarkan tiket tol, setelah pengendara menekan sebuah tombol. Tentu saja dengan banyaknya gerbang masuk tol yang di lengkapi dengan system ini, maka akan mengurangi  tenaga kerja yang sebelumnya setia menanti di gerbang masuk tol. Namun untuk sekarang system ini belum berlaku untuk gerbang keluar tol, karena proses pembayaran tol masih menggunakan tenaga manusia yaitu petugas tol.

Dari contoh tadi mungkin akan menimbulkan banyak opini dari masyarakat bahwa system komputer atau mesin tadi lambat laun akan menggantika keberadaan manusia, tapi perlu kita ingat bahwa komputer cerdas itu adalah buatan manusia yang tentu saja berada di bawah kendali penciptanya. Mungkin lebih tepat dikatakan komputer cerdas diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia bukan untuk menggantikan keberadaan manusia.

0 komentar: